Gaji Kecil Tapi Mau Cicil Rumah, Ini Strateginya!


Memiliki hunian pribadi seperti rumah maupun aparteman tentunya menjadi keinginan semua orang, tidak terkecuali Anda yang mempunyai pendapatan kecil. Jangan berkecil hati, meski gaji kecil tak perlu khawatir bila ingin membeli hunian. Ada berita baik dari pemerintah yang menurunkan DP atau uang muka KPR rumah sehingga untuk membeli hunian semakin mudah. 

Selain uang muka atau DP yang ringan, sebagian pengembang properti juga memberikan tawaran harga rumah yang murah di beberapa lokasi, diantanya di Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang dan lokasi lainnya. Lokasi-lokasi tertentu di Kota-Kota tersebut umumnya menawarkan harga rumah dengan kisaran harga 100 jutaan hingga 200 jutaan. 

Strategi Lancar Mencicil Rumah Dengan Gaji Kecil 

Jika Anda ingin ajukan KPR rumah padahal gaji tergolong kecil, berikut ini akan dibongkar strategi agar hunian yang Anda harapkan dapat dicicil meskipun gaji kecil : 

1. Sesuaikan harga hunian impian dengan kemampuan finansial

Sebelum memutuskan membeli sebuah hunian, sesuaikanlah penghasilan Anda per bulan dengan harga hunian yang ingin dibeli menggunakan sistem cicilan KPR. Menyesuaikan sebelum menetapkan pilihan sangatlah penting. Sebab seperti yang kita ketahui, bahwa harga hunian akan menentukan berapa bersarnya jumlah cicilan yang harus Anda ‘pikul’ setiap bulannya. 

Untuk menyiasatinya, salah satu strategi yang digunakan ialah mengambil pembayaran kredit jangka panjang misalnya 15 tahun. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan jumlah pembayaran cicilan per bulannya sesuai kemampuan finansial Anda. 

2. Biasakan menabung bahkan jauh sebelum memutuskan untuk mengambil KPR

Menabung seharusnya menjadi salah satu kebiasaan yang harus diterapkan bahkan sebelum Anda memutuskan mengambil KPR. Kebiasaan ini menjadi penting sebab pembayaran cicilan KPR akan memakan waktu sangat lama. Karena itulah, sebagai permulaan, tabungan Anda bisa untuk membayar DP atau uang muka. 

Bila Anda telah menabung di awal cukup banyak, maka DP yang dibayarkan bisa semakin besar dan cicilan KPR setiap bulannya akan menjadi lebih ringan. Usahakan untuk menabung rutin setiap bulan minimal 20 % dari pendapatan Anda. 

3. Persiapkan uang muka dengan matang

Untuk memiliki hunian dengan sistem cicilan KPR, tidak cukup hanya mempertimbangkan angka cicilan buulanan tetapi juga besaran uang muka. Mampu menyetor uang muka merupakan syarat wajib yang diminta oleh pihak bank. Umumnya, pihak bank mematok besaran uang muka 15 % berdasarkan harga hunian yang akan dikreditkan. 

Persiapkan uang muka dengan matang, maksudnya jangan sampai untuk uang muka saja, Anda juga harus berhutang pada pihak lain. Apabila setiap bulan Anda harus mencicil KPR, lalu ditambah lagi dengan harus melunasi hutang uang muka KPR pada pihak lain, maka Anda akan semakin tercekik dengan hutang dan cicilan. 

4. Carilah KPR dengan bunga rendah dan juga syariah

Strategi lainnya yang harus diterapkan agar Anda bisa mencicil rumah meskipun gaji kecil yakni mencari KPR yang menawarkan bunga rendah. Hal ini membutuhkan kecermatan Anda sebelum mengajukan KPR. 

Ketahuilah besaran bunga dari sebuah produk KPR sebab masing-masing bank memberikan tawaran suku bunga KPR berbeda-beda. Suku bunga rendah dalam KPR akan mempengaruhi berapa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. 

5. Pilih bank terpercaya atau pembiayaan syariah

Anda sudah menemukan produk KPR dengan suku bunga rendah? Jika sudah, waspadalah terhadap bank yang menawarkan suku bunga rendah tersebut. Apabila memilih KPR berbunga rendah, jangan sekedar memilih bank dikarenakan bunga pembayarannya kecil. Perhatikan pula mengenai kredibilitas bank pilihan Anda.

Mempertimbangkan kredibilitas bank sangat dianjurkan. Tentunya Anda menginginkan seluruh proses kredit lebih terjamin, bukan? Oleh sebab itu, sangat dianjurkan agar Anda memilih instansi bank terpercaya yang produk KPR-nya sudah cukup terkenal di tengah masyarakat atau yang memiliki pembiayaan syariah. Umumnya dua hal ini lebih jelas untuk akad dan prosedurnya. 

6. Pilih hunian yang sesuai dengan kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli hunian, pastikan Anda mengetahui secara jelas jenisnya, harganya, tipe, kejelasan surat-surat, hingga segala fasilitas yang tersedia di sekitar hunian tersebut. Artinya, Anda sangat dianjurkan membeli aparteman atau rumah yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan. Jangan sampai pilihan hunian Anda menjadikan Anda pribadi yang 'besar pasak daripada tiang'. 

7. Lunasi seluruh biaya administrasi sesegera mungkin

Biasanya terdapat biaya-biaya administrsi ketika mengurus KPR. Jangan sampai menunda lebih lama masalah pelunasan terkait biaya administrasi yang diajukan untuk jangka waktu lama. Karena, semakin cepat masalah pelunasan biaya administrasi, maka beban Anda akan semakin ringan pula. 

Nah, jika tujuh strategi tersebut telah mampu dipenuhi, maka itu berarti Anda sudah siap baik mental maupun finansial untuk memulai pengajuan KPR. Temukanlah produk KPR yang terpercaya dari instansi perbankan terbaik dan terpercaya di Indonesia melalui Rumah.com. Beberapa bank berkredibilitas bahkan juga menawarkan kepada nasabahnya kesempatan untuk meraih hadiah tertentu bagi pangajuan KPR rumah yang disetujui. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.