Agar Lebih Sehat, Berikut Tips Mengurangi Minuman yang Manis


Minuman manis bisa didapati di beberapa tempat, dari mulai restoran, swalayan, bahkan juga almari es rumah Anda. Itu penyebabnya, sangan susah buat Anda kurangi minuman manis walau sudah punya niat bahkan juga coba beberapa cara tersendiri. 

Walau sebenarnya, mengonsumsi minuman manis terlalu berlebih dapat tingkatkan efek kehancuran gigi, diabetes, obesitas, sampai penyakit jantung. Efeknya tidak berasa dengan cara langsung, tetapi jelas akan merubah kesehatan di waktu mendatang. 

Langkah kurangi mengonsumsi minuman manis 

Walau berasa nikmat, minuman dengan rasa manis tidak hilangkan haus sebagus type minuman lain yang lebih sehatkan. Badan Anda malah memperoleh kalori serta gula tambahan tanpa ada nutrisi berguna. 

Berikut beberapa panduan yang bisa Anda kerjakan untuk kurangi mengonsumsi minuman bergula tinggi: 

1. Lakukan minum air putih 

Waktu Anda inginkan minuman manis, coba menggantinya dengan air putih. Melatih diri untuk minum air putih memang tidak gampang, tapi Anda dapat mengawalinya lewat cara tersebut: 
  • Menyiapkan satu gelas air putih di meja kerja, samping tempat tidur, dan tempat yang lain yang dibutuhkan. 
  • Bawa botol minum waktu melancong. 
  • Memberikan tambahan potongan buah buat Anda yang tidak demikian suka pada rasa air putih. 

2. Kurangi konsumsinya dengan perlahan-lahan 

Buat Anda yang terlatih dengan minuman manis, langkah kurangi konsumsinya butuh dikerjakan dengan perlahan-lahan. Mulai dengan kurangi jumlahnya gula yang dipakai waktu membuat minuman, contohnya dari 1 sendok makan jadi 1 sendok teh. 

Batasi juga mengonsumsi minuman manis dalam paket. Bila awalnya Anda konsumsi minuman manis tiap hari, coba menguranginya jadi 3x satu minggu. Terus kurangi sampai Anda makin jarang-jarang mengkonsumsinya. 

3. Pilih minuman manis yang lebih sehatkan 

Contoh minuman manis yang banyak dikonsumsi ialah soda, minuman tambah energi, sports drink, sari buah, teh, serta juice paket. Semua minuman ini tinggi akan gula hingga tidak sehatkan buat badan bila terus-terusan diminum. 

Tetapi, bukan bermakna Anda tidak dapat nikmati minuman manis. Anda dapat terus konsumsi minuman manis seandainya ganti macamnya. 

Minuman lain yang tidak kalah nikmat salah satunya cokelat panas, smoothie sayur dan buah, juice buah tanpa ada gula, dan susu kedelai. Semua type minuman itu mempunyai rasa manis, tetapi masih sehatkan. 

4. Menyimak info nilai gizi serta formasi minuman 

Langkah berikut cukup efisien buat Anda yang ingin kurangi mengonsumsi minuman manis dalam paket. Sebabnya tidak lain sebab Anda harus menyimak kandungan gula yang ada pada suatu produk minuman. 

Gula yang ada pada minuman manis paket dapat berbentuk sukrosa, glukosa, fruktosa, maltosa, dekstrosa, sirup jagung, dan konsentrat sari buah. Jadi, jangan cuma terlalu fokus pada glukosa, tetapi lihat juga nama lain gulla serta banyaknya keseluruhannya. 

Batas mengonsumsi gula dalam satu hari ialah 50 gr. Bila satu minuman manis memiliki kandungan 27 gr gula, jumlahnya itu sudah melewati 50 % keperluan gula harian. 

Langkah apapun yang Anda kerjakan untuk kurangi minuman manis butuh dikerjakan dengan setahap. Masalahnya merubah skema makan atau rutinitas konsumsi minuman manis bukan hal yang gampang. 

Meskipun begitu, ini tidak tidak mungkin. Kuncinya ialah mendisiplinkan diri, loyalitas, serta kesabaran. Buat jadi kesehatan Anda di waktu mendatang jadi motivasi untuk pilih minuman yang lebih sehatkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.