Punya Mobil Alphard? Begini Cara Merawat AC-nya Agar Tetap Dingin

Punya-Mobil-Alphard-Begini-Cara-Merawat-AC-nya-Agar-Tetap-Dingin

Merawat Mobil merupakan salah satu yang harus dilakukan oleh pemiliknya, tujuannya agar kondisinya tetap prima dan tetap nyaman selama perjalanan. Dalam hal ini meliputi keseluruhan bagian kendaraan, seperti eksterior, interior dan juga fiturnya. Salah satunya adalah merawat AC Toyota Alphard. Yang mana jika kondisinya tidak maksimal maka ac mobil tidak dingin dan mengganggu kenyamanan saat perjalanan akan berkurang. 

Toyota Alphard merupakan kendaraan MPV yang nyaman dan memiliki banyak fitur unggulan di dalamnya. Oleh sebab itu dengan melakukan perawatan yang baik dapat memberikan kenyamanan yang lebih. Dalam merawat AC Toyota Alphard sebenarnya sangat mudah jika mengetahui langkahnya. 

Berikut ini merupakan beberapa cara merawat AC Toyota Alphard yang bisa dipraktekkan sendiri. 

1. Membersihkan interior Mobil 

Dalam perawatan AC yang pertama adalah melakukan pembersihan pada bagian dalam Mobil. Apabila tidak menginginkan kinerjanya terganggu, maka hal ini perlu dilakukan. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah 2 karpet di depan. Adapun alasan mengapa perawatan AC berhubungan dengan kebersihan kabin Mobil adalah karena apabila dibiarkan dalam keadaan kotor maka beresiko evaporator AC menyerap kotoran. 

Masalah terserapnya kotoran oleh evaporator AC dapat menjadikan AC cepat mengalami kerusakan. Dengan membersihkannya secara berkala, maka performa AC milik Alphard akan tetap terjaga dan memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya dengan maksimal. 

2. Membuka kap Mobil 

Pada saat melakukan pencucian pada Toyota Alphard disarankan untuk membuka kap Mobil. Selain itu dapat dilakukan penyemprotan pada bagian kondensor AC Mobil. Yang mana pada bagian tersebut biasanya terdapat debu dan juga kotoran yang menempel. Apabila dibiarkan dapat beresiko terjadi korosi yang jika dibiarkan juga dapat menjadikan kerusakan pada bagian AC Mobil. 

3. Parkir di tempat yang teduh 

Selain untuk menjaga kondisi cat Mobil agar tidak mudah kusam, melakukan parkir di tempat teduh juga merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merawat AC Toyota Alphard. Dalam hal ini bisa dilakukan jika berniat ingin meninggalkan kendaraan dengan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan saat terkena panas sinar matahari langsung dapat membuat mesin juga ikut panas. Dengan begitu AC Mobil akan memiliki beban yang lebih berat saat melakukan kinerjanya. Apabila AC bekerja dengan beban berat secara terus menerus bisa membuatnya cepat mengalami kerusakan. 

4. Cek kipas AC Mobil 

Dalam merawat AC Toyota Alphard selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian kipas yang terletak di depan kondensor. Pada saat AC dinyalakan, apakah kipas juga ikut menyala atau tidak. Akan tetapi jika tidak bekerja maka bisa jadi telah mengalami kerusakan dan perlu segera dilakukan pergantian, agar kerusakan tidak menjalar menuju bagian kompresor AC. Jika Anda tidak terlalu paham mengenai hal ini. Anda dapat membawa mobil Alphard ke tempat service AC mobil terdekat. 

5. Hindari merokok di dalam Mobil 

Untuk tips yang terakhir adalah jangan merokok saat berada di dalam mobil, supaya kondisi AC tetap dalam keadaan baik. Hal tersebut dikarenakan bau nikotin yang berasal dari asap rokok dapat menyebar ke bagian kabin dan juga menempel di evaporator. Dengan begitu nikotin akan menumpuk serta menempel pada evaporator. Jika sudah begitu, maka berakibat munculnya bau tidak sedap dan juga lengket. Bahkan dalam menghilangkan bau rokok terbilang cukup sulit. 

Tidak hanya itu saja, saat ingin menyalakan AC pada Toyota Alphard sebaiknya menunggu mesin stabil terlebih dahulu. Begitu juga saat ingin mematikan mesin, sebaiknya mematikan AC Mobil terlebih dahulu. 

Demikianlah informasi mengenai tips merawat AC Toyota Alphard yang dapat dilakukan dengan mudah. Apakah Anda memiliki trik tersendiri dalam hal perawatan AC Mobil? Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.