6 Tips Meningkatkan Semangat Les untuk Anak

6-Tips-Meningkatkan-Semangat-Les-untuk-Anak

Les anak sudah biasa diterapkan orangtua pada anaknya. Demi untuk meningkatkan kebutuhan belajar dari si anak, orangtua pun terkadang rela untuk mengeluarkan biaya yang mahal. Orangtua begitu semangat mengeleskan anak, namun terkadang anak bisa jadi tidak semangat untuk belajar. Bahkan bisa jadi malas untuk belajar. 

Meningkatkan Semangat Les untuk Anak 

Lalu bagaimana cara agar semangat anak meningkat ketika mengikuti les? Berikut ini akan kami berikan tipsnya: 

1. Temukan masalah anak 

Terkadang ada hal yang membuat anak tidak semangat lagi untuk les. Bisa jadi masalah itu muncul dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya atau lingkungannya. Masalah dari dalam dirinya seperti karena tidak minat dengan mata pelajaran les yang diambilnya. Adapun masalah dari luar dirinya bisa karena ketidaknyamanan dengan guru lesnya. Ataupun masalah lainnya yang bisa ditanyakan pada anak. 

Mengetahui permasalahan tersebut bisa membuat orangtua mencari solusi yang lainnya agar anak dapat kembali bersemangat untuk belajar. Untuk mencari solusi ini, orangtua pun dapat menanyakan kembali pada si anak apa yang dia inginkan. 

2. Berikan motivasi untuk anak 

Motivasi dari orangtua sangatlah penting bagi si anak. Motivasi ini dapat dilakukan orangtua dengan selalu memberikan semangat untuk mereka. Orangtua bisa mencontohkan orang-orang terkenal atau tokoh idolanya yang telah berhasil contohnya yaitu B.J Habibie, tokoh Indonesia yang mampu membuat pesawat. 

Cerita dari tokoh orang terkenal tersebut terkadang dapat memotivasi anak agar bisa mencapai keberhasilan seperti mereka. Dengan hal ini mampu membuat mereka semangat untuk meraih cita-citanya. Katakan pula padanya bahwa ia adalah anak yang hebat dan luar biasa. Dan katakan padanya bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. 

3. Ikutkan les sesuai dengan minat anak 

Hal lain yang dapat meningkatkan semangat anak yaitu dengan mengikutkan les sesuai dengan minatnya. Ketika anak mengikuti les anak sesuai dengan bakat dan minatnya, justru hal ini dapat meningkatkan keinginannya untuk selalu mengikuti kegiatan pembelajaran. Mereka justru akan lebih semangat ketika mengikuti mata pelajaran sesuai dengan keinginannya sendiri. 

4. Hargai keberhasilan anak 

Ketika penguasaan si anak meningkat setelah mengikuti les, hargailah keberhasilan yang telah dicapainya. Misalnya ketika anak mengikuti les gambar, diadakanlah lomba menggambar antar peserta didik di kelasnya. Si anak ternyata mendapat juara dalam lomba tersebut. 

Disini orangtua dapat memberikan penghargaan pada si anak. Penghargaan tersebut bisa berupa barang maupun yang lainnya. Hal ini dapat meningkatkan semangat belajar les si anak. 

5. Hargai kegagalan anak 

Tidak hanya keberhasilan saja yang perlu untuk dihargai, kegagalan pada anak pun perlu untuk dihargai oleh orangtua. Misalnya ketika anak mendapatkan nilai ulangan yang jelek. Janganlah orangtua mencela usaha yang telah dilakukan oleh anak. Hargai apa yang telah dilakukannya. 

6. Pilih guru les yang cocok untuk anak 

Guru les juga akan mempengaruhi semangat si anak dalam mengikuti les. Ketika mereka nyaman dengan sang guru, anak justru akan lebih semangat untuk belajar. Sebaliknya, jika anak tidak nyaman dengan sang guru, anak akan merasa malas untuk belajar. Oleh karena itu sangat diperlukan guru yang cocok untuk si anak agar dapat meningkatkan kemampuannya. 

Nah, itu tadi tips untuk meningkatkan semangat anak dalam mengikuti les. Orangtua perlu untuk mulai kenali dahulu masalah yang dialami ketika les anak. Sehingga dengan menerapkan tips-tips yang lainnya, semangat anak pun dapat segera meningkat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.