Modifikasi Pelek Mobil tidak Boleh Asal Saja, Begini Aturan yang Benar


Mengubah ukuran pelek seringkali dikerjakan pemilik kendaraan yang suka modifikasi. Dapat tingkatkan nilai estetika serta perform adalah salah satunya fakta modifikasi pada pelek banyak dikerjakan. 

Biasanya diameter pelek ditukar jadi ukuran yang semakin besar. Tidak bisa asal-asalan, pergantian ukuran pelek serta ban harus memerhatikan banyak hal penting untuk jaga kenyamanan. 

Hal penting yang perlu dilihat ialah outside diameter (od). Outside diameter adalah ukuran diameter yang dihitung dari titik tengah pelek sampai pundak ban. Semestinya outside diameter ban sesudah ditukar masih sama juga dengan dengan yang lama, supaya tidak mentok dengan sepatbor. 

Contohnya pada ukuran ban 225/35R19. '225' ialah lebar ban, sedang aspect ratio ada di angka '35'. Berarti tebal ban adalah 35 % dari lebar ban 225mm. Semakin kecil angka aspect ratio-nya karena itu ban akan makin tipis. 

Makin besar pelek, ban yang disematkan akan makin tipis. Ini pasti berefek pada kenyamanan. Sebab makin tipis ban akan kurangi potensi ban untuk menyerap getaran. 

Bila begitu memaksakan memakai pelek besar, efeknya bisa berimbas pada roda gigi kemudi, tie-rod, ball gabung, serta bearing roda. Karenanya, agar memakai pelek dengan ukuran semakin besar tetapi tidak mengorbankan kenyamanan, pemilik dianjurkan meningkatkan ukuran cuma sekitar 2 inci. 

Bila ukuran pelek standard di angka 14 inci, karena itu ukuran optimal yang direferensikan adalah ukuran 16 inci. Dengan meningkatkan ukuran sekitar 2 inci pemilik kendaraan masih dapat memodifikasi dengan aspect ratio tidak kecil.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.