Ikuti Trik Ini Agar Printer Lebih Hemat Tinta


Saat Anda mengoperasikan printer, salah satu hal yang sering Anda perhatikan adalah penggunaan tintanya. Apalagi jika printer dipergunakan untuk keperluan bisnis atau kantor, pasti Anda menginginkan printer tersebut lebih hemat tinta agar menghemat biaya operasional. Saat ini mulai banyak bermunculan printer yang hemat tinta, namun harganya memang cukup mahal karena sebanding dengan kualitasnya. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab Anda masih bisa menghemat tinta printer melalui beberapa trik di bawah ini.
 
Sebetulnya cara untuk menghemat tinta printer dapat dilakukan secara mudah tanpa membutuhkan bantuan dari ahlinya. Bagi Anda yang penasaran cara menghemat tinta printer, berikut ini beberapa trik yang dirangkum dari web fastprint.co.id.
 

1. Terapkan Print Preview

Sebelum Anda mencetak file sebaiknya biasakan untuk selalu mengecek file tersebut menggunakan menu Print Preview. Tujuannya untuk mengurangi adanya kesalahan saat mencetak. Perlu Anda ingat bahwa kesalahan saat mencetak file menyebabkan penggunaan tinta semakin boros. Melalui menu print preview, Anda bisa meninjau terlebih dahulu file yang akan dicetak sehingga bisa langsung merevisinya saat ada kesalahan.
 

2. Pastikan Kebutuhan Cetakan Warna

Saat mencetak dokumen menggunakan printer maka Anda harus tahu terlebih dahulu kebutuhan kualitas hasil cetakan. Sebab masing-masing dokumen membutuhkan kualitas hasil cetak yang berbeda. Dengan demikian, Anda bisa mencoba menghemat pemakaian tinta printer. Anda bisa memilih pencetakan hitam dan putih saat warna tidak begitu dibutuhkan untuk dokumen tersebut. Selain itu, Anda juga memilih pencetakan dengan kualitas terendah sebagai upaya menghemat tinta.
 

3. Tingkatkan Kecerahan Warna

Trik berikutnya untuk menghemat penggunaan tinta printer yaitu dengan meningkatkan kecerahan warna gambar. Mencetak dokumen berupa gambar memang akan menghabiskan lebih banyak tinta dibandingkan jenis teks. Untuk meminimalisir pemakaian tinta pada printer, sebaiknya Anda tingkatkan kecerahan gambar sehingga tinta yang digunakan untuk mencetak gambar tersebut lebih sedikit dibanding gambar dengan warna solid atau gelap.
 

4. Tepat Memilih Jenis Font

Supaya Anda bisa menghemat pemakaian tinta printer, sebaiknya pakailah jenis font yang tepat. Pastikan memilih jenis font tipis agar penggunaan tinta lebih sedikit. Tak perlu khawatir, selama jenis font tersebut masih sesuai konsep dokumen maka tak ada salahnya memilih font tersebut untuk menghemat tinta.
 

5. Lakukan Uji Coba Cetak

Jika Anda akan mencetak foto berkualitas tinggi, sebaiknya lakukan uji coba cetak terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan kertas foto sekaligus pemakaian tinta printer. Dengan demikian hasil cetak foto tersebut pada akhirnya menghasilkan foto yang berkualitas.
 

6. Tepat Memilih Tinta

Hal paling penting dalam menghemat penggunaan tinta yaitu dengan memilih tinta printer secara tepat. Di mana tinta terbaik merupakan tinta yang mempunyai kualitas cetak terbaik dan dapat membantu Anda menghemat pemakaian tinta.
 
Bagi Anda yang berencana membeli tinta printer, pastikan membeli tinta yang berkualitas dan hemat penggunaanya. Selain itu, pastikan menerapkan trik-trik di atas agar hasil cetakan printer sesuai dengan kebutuhan sekaligus membantu Anda menghemat pemakaian tinta.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.